Fatkhunisa Rahmawati


Berpacu menjadi yang terbaik

UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER

Atas Nama Pencipta Jagad Raya, saya Fatkhunisa Rahmawati mengerjakan tugas ini dengan jujur.

1. Buat analisa bagaimana cara melakukan pengamanan komputer agar terhindar dari virus!
Jawab : Ketika sebuah komputer teridentifikasi adanya virus, artinya ada sebuah program yang dibuat oleh manusia yang bersifat merusak dan dapat menginfeksi file dari komputer tersebut dengan ekstensi tertentu. Virus biasanya masuk di register. Register merupakan titik awal sebuah pengeksekusian. Setelah masuk ke register, virus biasanya langsung masuk ke sistem. Perlu diingat bahwa virus paling tidak suka di spy dan task manager. Untuk mencegah atau menanggulangi serangan virus komputer dapat dilakukan beberapa cara, yaitu :

  • Install Antivirus Update
    Antivirus bisa menyeleksi email yang masuk maupun yang keluar. Namun dengan catatan bahwa antivirus yang digunakan harus selalu di-update di versi yang terakhir. Selain itu, sangat penting untuk tidak membuka attachment email dari orang yang tidak dikenal, dan selalu lakukan scanning terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan/ menjalankan fungsi auto-run.
  • Mengaktifkan Firewall
    Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware.
  • Upgrade Sistem Operasi
    Dengan meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan dan menutup celah keamanan pada sistem operasi dengan memasang security patch terkini.
  • Selalu update
  • Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless)
  • Membatasi Email SPAM 
    Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam. Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online.
  • Tidak menginstall aplikasi sembarangan
  • Membatasi Hak Akses ke Komputer
  • Gunakan hak akses terbatas kepada orang lain agar tidak bisa menginstall aplikasi sembarangan di laptop atau computer Anda.
     

Selain mengenai perlindungan computer terhdap virus, tidak ada salahnya pula jika kita mengenali computer yang terdeteksi virus agar bisa melakukan penanggulangan sesegera mungkin, berikut ini saya paparkan sekilas mengnai tanda-tanda computer yang terserang virus :

  • Komputer berjalan lebih lambat dari biasanya dan hal ini berjalan secara berkelanjutan.
  • Komputer sering berhenti tiba- tiba atau not responding.
  • Komputer sering me-restart secara tiba- tiba atau dokumen crash dan tidak bisa berjalan normal kembali.
  • Aplikasi komputer tidak berjalan secara smooth, misalnya Hardisk tidak dapat diakses.
  • Perintah printing tidak berjalan dengan semestinya.
  • Sering muncul pesan eror yang tidak biasa.
  • Menu dan dialog box sering muncul secara eror.
  • Muncul file-file dengan inisial extension aneh seperti .exe, .inf, dan lain- lain.

 

2. Bagaimana cara membuat PC rakitan dengan OS windows 7 bisa digunakan sebagai sistem server untuk web server dan database server?
Jawab : PC dengan OS Windows 7 dapat digunakan sebagai system server untuk web server dan database server apabila diinstal Apache dan aplikasi database, seperti MySQL, Oracle, dan lain sebagainya. Apache merupakan satu dari beberapa software webserver yang terdiri atas HTTP server dan database server.  Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Sedangkan untuk aplikasi database server, bisa digunakan MySQL server (opensource) dan Oracle (berbayar). Untuk melakukan penginstalan Apache adalah dengan  mendownload Apache, setelah itu Apache diinstal lalu ketik "sudo apt-get install apache2". Kemudian buka browsernya (lewat firefox ato chrome dll) lalu panggil  aplikasinya dengan ketikan http://localhost/ di address bar.

Jika berhasil, tampilan akan seperti berikut :

"It works!

This is the default web page for this server.
The web server software is running but no content has been added, yet."

Sedangkan perintah – perintah lainnya untuk webserver, diantaranya seperti berikut :

sudo /etc/init.d/apache2 start        untuk menjalankan apache /webserver

sudo /etc/init.d/apache2 stop         untuk menghentikan apache /webserver

sudo /etc/init.d/apache2 restart     untuk menjalankan ulang apache /webserver

Cara diatas adalah untuk aplikasi webserver, nah untuk aplikasi database server yaitu menggunakan MySQL dan karena MySQL berhubungan dengan database kita, jadi untuk menginstallnya  hanya perlu mengetikkan perintah “sudo apt-get install mysql-server “ ke terminal.  Untuk menginstall MySQL ini, Anda diminta memasukkan password anda, lalu tekan enter, tekan next. Setelah beberapa saat akan muncul perintah untuk memasukkan password buat user 'root'. User dan password ini digunakan apabila anda menggunakan MySQL, jadi ingat baik-baik password anda. Ulangi password yang anda masukkan, dan Install MySQL pun selesai. Selanjutnya komponen yang perlu di install untuk membangun webserver yaitu PhpMyAdmin. Untuk menginstal PhpMy Admin, pertama-tama harus mengetikkan “sudo apt-get install phpmyadmin” Setelah memasukkan password, maka akan muncul perintah untuk memasukkan web server yang digunakan untuk menjalankan PhpMyAdmin, karna diawal kita menginstall apache, otomatis pilihlah apache sebagai web servernya dan pilih "No" ketika mengkonfigurasi phpmyadmin. Lalu ketik perintah di terminal “sudo cp /etc/phpmyadmin/apache.conf /etc/apache2/conf.d”.
Kemudian restart Apache sudo /etc/init.d/apache2 restart”. Untuk melihat hasilnya, login lah sebagai root dengan password yang telah anda buat dan selesai sudah rangkaian penginstalanl Apache, MySQL, php dan phpmyadmin.

3. Bandingkan sistem android,symbian, IOS dan windows mobile !
Jawab : 
Android

Kelebihan : merupakan gadget serba bisa, misalnya untuk game 3d, portable media player, kamera video, mp3 player, internet gadget yang juga dilengkapi dengan koneksi super lengkap seperti HSDPA, WiFi dan Bluetooth. Selain fasilitas jejaring social seperti facebook maupun twetter yang diunggulkan, dalam OS ini juga sudah dilengkapi dengan push email sehingga email bisa terus di-update dan kemudahannya dalam notifikasi erat kaitannya dengan fasilitas-fasilitas tersebut karena dapat memudahkan kita mengetahui setiap ada hal baru tanpa terlewatkan. Keunggulan lainnya adalah multitasking, aman dari virus karena berbasis Linux, bersifat stabil, adanya Widget di homescreen yang memudahkan kita mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah, Dan yang paling penting, ribuan aplikasi Android bisa didapatkan free atau gratis.

Kelemahan : Tidak terdapat Microsoft Office dan untuk bisa memanfaatkan fasilitas berupa aplikasi-aplikasinya harus selalu terkoneksi dengan internet, sehingga perlu penyediaan pulsa GPRS sesuai dengan kebutuhan.

Symbian

Kelebihan : Symbian 3 lebih finger friendly dan responsif saat di-input data. Fasilitas baru seperti seperti Web TV, Real multitasking, multiple Homescreen, dan USB OTG (USB On The Go) kini sudah tersedia. USB OTG ini memudahkan pengaksesan secara langsung file-file yang tersimpan di dalam harddisk eksternal USB , USB Flash Drive(UFD), atau smartphone lainnya(jika di assign sebagi media storage).

Kelemahan : navigasi menunya kurang praktis dan kadang sulit dipahami (nama menu yang terlalu disingkat). Selain itu, panduan saat bernavigasi di interface-nya juga minim. Selain itu, performa browser dan keyboard layar sentuhnya juga masih standar.

IOS

Kelebihan : Sistem Operasi ini cenderung sulit terserang oleh virus, bersifat user friendly, memiliki tampilan yang bagus, menyediakan aplikasi yang bagus yang dapat di download lewat iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang anda miliki, ukuran memory internal yang cukup besar, dan UpGrade FW yang relatif mudah.

Kelemahan : harganya relatif mahal, memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita, tampilannya tidak bisa diubah-ubah, kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil.

Windows Mobile

Kelebihan : fitur kantoran yang sangat lengkap, bersifat sangat stabil, jadi saat kita berpindah dari satu fitur ke fitur lain tidak akan terjadi trouble dan akan sangat cepat.

Kelemahan : kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, sistem operasinya terkesan lambat, kurang responsif serta lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.


Sumber :

http://fatureleven.blogspot.com

http://adi-supriyanto.blogspot.com

http://dwichan.blogspot.com

http://jagoan-php.blogspot.com

http://berbagitnt.wordpress.com

http://techgue.com

Sekian jawaban yang bisa saya paparkan untuk Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pemograman Komputer. Mohon kritik dan sarannya apabila masih sangat sederhana dan banyak kekurangannya :) 




 

 

 

 



Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :