Fatkhunisa Rahmawati


Berpacu menjadi yang terbaik

Ide untuk Android

Mata kuliah pemrograman komputer pada tanggal 15 Juni 2012 membahas mengenai Android. Bapak Soegianto, dosen kami, mengupas habis bagaimana Android itu. Saya yang notabene awam mengenai teknologi pada awalnya hanya menelan mentah-mentah apa yang bapak dosen sampaikan. Di sela-sela penyampaian materi itu banyak motivasi-motivasi membangun yang menyentak pikiran, kesadaran dan mata (yang sedikit terkantuk-kantuk). Sampai pada akhirnya bapak dosen memberikan sebuah tantangan kepada kami, mahasiswa generasi penerus bangsa Indonesia untuk mencetuskan sebuah ide bermanfaat yang berkaiatan dengan Operating System Android. Semalaman berfikir, saya teringat dengan apa yang disampaikan oleh pak Soegianto bahwa “Ketika niat kita adalah membantu orang lain, bukan untuk yang lain, maka jalan untuk mencapai niat itu akan dimudahkan oleh Allah swt”. Ide aplikasi saya berikut berbasis dari sebuah kegagalan saya di bidang akademik, ketika dulu saya berkeinginan melanjutkan study di bidang farmasi. Pengalaman itu mengajarkan saya sebuah ilmu ikhlas dan pemikiran yang sekarang ini ingin saya sampaikan untuk memudahkan orang lain di bidang kesehatan.

    Sebuah aplikasi di dalam Operating System Android bernama “Medicine Cafe” merupakan aplikasi yang membantu masyarakat awam di bidang kesehatan, spesifiknya dalam pengkonsumsian obat-obatan. Di dalam aplikasi ini akan muncul grafik user interface “Keluhan” sehingga pengguna aplikasi ini dapat menuliskan keluhan apa saja yang dialami ketika merasakan bahwa tubuhnya sedang dalam kondisi tidak sehat. Setelah diisikan keluhan, akan ada tombol next yang mengantarkan pengguna ke grafik user interface selanjutnya yaitu “Jenis kelamin”. Setiap orang, tidak bisa mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan, terdapat syarat-syarat paten seperti jenis kelamin, umur, dan lain sebagainya. Maka, dalam aplikasi ini nantinya juga akan memuat persyaratan tersebut. Pada jenis kelamin terdiri dari 2, yaitu laki-laki atau perempuan. Ketika dipilih perempuan, akan muncul pilihan lagi yaitu apakah pengguna perempuan tersebut sedang hamil atau tidak. Setelah itu muncul grafik user interface selanjutnya, yaitu “Umur”. Terakhir, akan ada tombol “Finish” untuk mengakhiri pemilihan persyaratan sebelumnya tadi dan secara otomatis nama obat yang cocok untuk dikonsumsi orang tersebut akan muncul. Misalnya :

Keluhan : demam tinggi, kadang keluar keringat dingin terutama ketika malam hari, tanpa batuk dan pilek.

Jenis kelamin : perempuan

Umur : 20 tahun

“Dumin”

Demikian ide aplikasi yang sangat sederhana dari saya, seorang mahasiswi Teknobiomedik 2010 yang ingin mencoba berkreatif mengkaitkan beberapa ilmu yang pernah saya dapatkan. 


1. diarera

pada : 24 June 2012

"android yaaa..... hmmm apa sih kelebihan android dari pada OS yang lain, kan kalo blackberry unggul dr social network, trus kalo android apa dong"


2. Fatkhunisa

pada : 24 June 2012

"Kalo sepengetahuan saya, Android itu gadget serba bisa, bisa game 3d, portable media player, koneksinya juga sangat lengkap. Selain itu banyak aplikasi yang ada di Android itu free alias gratis, dia juga bisa push email jadi emailnya nanti bisa up to date terus. Kemudian kelebihan lainnya adalah multitasking sehingga kita bisa browsing sambil mendengarkan lagu misalnya. Dan yang paling penting, Android bebas dari virus karena berbasis linux (kernel 2.6)...begitu yang saya tahu :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :