Fatkhunisa Rahmawati


Berpacu menjadi yang terbaik

Internet Protocol

RESUME KULIAH

 

Pada resume kuliah 28 Mei 2012 akan dijelaskan sekilas mengenai sistem-sistem yang terdapat di dalam sebuah komputer. Pertama, akan dibahas mengenai IP. IP merupakan singkatan dari Internet Protocol. Salah satu jenisnya ada IP public yang bisa dihubungi oleh seluruh dunia. Sebuah alamat IP berisi satu bagian network dan satu bagian host, tetapi formatnya tidak sama pada setiap alamat IP. Sejumlah bit alamat dipakai disini untuk mengidentifikasi network dan sejumlah angka dipakai untuk mengidentifikasi host serta beragam kelas alamat IP. Ada tiga kelas utama alamat IP yaitu kelas A, B dan C.
Dalam sebuah protokol komunikasi terdiri dari server dan client. Server bukanlah mesin tetapi service yang berupa aplikasi untuk menunggu sebuah request. Server bertugas menjadi convert. Di prosesor server, akan terjadi penerimaan html kemudian diterima dan diterjemahkan oleh browser. Tetapi ada beberapa html yang tidak bisa diterjemahkan, yang biasanya dikenal dengan browser ‘jadul’. Sedangkan client adalah mesin yang meminta.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. DNS adalah server yang mengurus domain. Tugas DNS sendiri adalah menerjemahkan nama domain dengan IP untuk memberi sebuah informasi. Misalnya saja ketika membuka www.google.com, maka DNS akan mengarahkan ke IP milik google. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama. Pada setiap gadget terdapat client. Salah satu contoh client adalah browser, browser terkadang berstatus berlebihan.  Contohnya ketika membuka web Unit Academic Cyber Campus, akan ada informasi “saya adalah ….” Jadi informasi yang tidak perlu dikirim akan tetap dikirim.

 

TUGAS KULIAH

Android adalah sistem operasi smartphone yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007. Android adalah OS yang sangat baik, cepat dan kuat serta memiliki antarmuka pengguna intuitif yang dikemas dengan pilihan dan fleksibilitas sehingga Google berupaya untuk terus mengembangkannya. Seperti yang telah diketahui, Android memiliki kesuksesan yang fenomenal dan dapat diadopsi secara luas.

Android juga terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Contacts dan Google Voice dan sempurna bagi siapa saja yang menggunakan layanan Google. Namun ketika menyangkut musik dan video Android tidak memiliki media resmi syncing klien ke desktop. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena pada umumnya Android akan memberi Anda lebih banyak pilihan tentang bagaimana mengatur ponsel Anda dan kontennya. Android memiliki aplikasi berjumlah sekitar 70 ribu lebih dan terus meningkat setiap hari dan Google tidak memberi perlakuan khusus atas aplikasi mereka. Ponsel Android tersedia dengan beraneka macam bentuk. Apakah Anda ingin ponsel QWERTY atau lebih suka dengan touchscreen? Mencari layar besar atau yang mudah masuk saku? Apakah Anda pemakai e-mail dan pesan teks atau tertarik menonton film dan video dalam layar besar? Semua pertanyaan itu terjawab oleh produk Android saat ini.

 

ANALISIS TUGAS KULIAH

Pertama, saya membuka page www.tumblr.com, kemudian klik kanan, view source dan menemukan page yang berisi barisan bahasa html. Setelah itu saya membuka www.detik.com dan www.yahoo.com. Dari ketiganya, dapat dilihat bahwa page source bahasa html ang digunakan ada kesamaannya. Ada format untuk warna tulisan, syarat dan kondisi seperti pada listing sebuah program, ada format hari, tanggal, dan waktu, format untuk memunculkan gambar bahkan untuk mendownload atau membuat akun dari halaman tersebut. Html singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan dominan bahasa markup untuk halaman web. Html ditulis dalam bentuk elemen HTML dan terdiri dari “tag” dikelilingi oleh kurung sudut (<html>) dalam konten halaman web. Tag html biasanya berpasangan seperti <b> dan <b/> seperti pada beberapa halaman yang telah saya buka. Yang saya amati dari setiap  page source disini untuk awalan sebuah alamat digunakan format http. Http atau Hypertext Transfer Protocol sendiri sebenarnya adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk system informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia. Penggunaanya disini untuk pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan atau yang sering disebut dengan dokumen hypertext yang kemudian membentuk World Wide Web (www).

Sumber :

www.cyberkomputer.com
www.marketing.co.id

http://ririzka.wordpress.com

 



1. Muhammad R AL Biruni

pada : 22 June 2012

"apakah DNS bisa dikatakan sebagai penguhubung atau media dalam bekomunikasi data?
terimaksaih"


2. Fatkhunisa

pada : 23 June 2012

"Bisa. Coba pakai FTP (File Transfer Protocol). DNS itu seperti Internet Protocol hanya saja representasinya bukan angka. Begitu setahu saya :)"


3. Muhammad R Al Biruni

pada : 24 June 2012

"terimakasih mba nisa.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :