Fatkhunisa Rahmawati


Berpacu menjadi yang terbaik

Sekilas tentang Main Board

Sekilas dari apa yang disampaikan pada mata kuliah pemrograman komputer 21 Mei 2012 dengan tambahan dari 

http://poncilblog.mywapblog.com dan

http://wss-id.net



Ketika sebuah mesin atau komputer berjalan maka disitu ada proses membangkitkan main board. Main board adalah sebuah program yang bersifat baik dan mempunyai fungsi mendeteksi semua hardware, entah itu USB ,memori, prosesor, dan lain sebagainya kemudian memberikan informasi. Setelah semua terdeteksi maka akan terjadi peng-clear-an sehingga program akan aktif untuk mengambil data-data. Jadi ketika sebuah sistem dihidupkan tetapi tidak mau menyala, dapat diindikasikan bahwa terjadi kesalahan pada main boardnya. Pada tampilannya, PCB pada mainboard merupakan karya “malaikat” karena solderannya begitu rapi dan jelas. 

Setelah membahas sedikit main board, kini beralih ke server pada PC maupun laptop. Sebuah server harus mempunyai performa selama 24 jam, tidak boleh turun, harus aman dan handal. Server mempunyai fungsi sebagai service dan digunakan sebagai pemberi request. Ketika sebuah komputer teridentifikasi adanya virus, artinya ada sebuah program yang dibuat oleh manusia yang bersifat merusak dan dapat menginfeksi file dari komputer tersebut dengan ekstensi tertentu. Virus biasanya masuk di register. Register merupakan titik awal sebuah pengeksekusian. Setelah masuk ke register, virus biasanya langsung masuk ke sistem. Perlu diingat bahwa virus paling tidak suka di spy dan task manager. Ketika virus diangkat sebuah operating system maka harus dengan operasi yang jelas. Untuk mencegah atau menanggulangi serangan virus komputer dapat dengan memasang atau menginstal perangkat antivirus.
Untuk bahasan selanjutnya adalah mengenai pengompressan gambar melalui zip. Dengan kompresi data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. Salah satu manfaat menyimpan file dalam bentuk zip adalah file cukup aman terhindar dari virus komputer, proses transfer / pemindahan data dari disk ke disk lebih cepat dibandingkan folder file biasa. Beberapa file yang biasa dikompress adalah file gambar yang berformat JPG. Format JPG dapat menyimpan informasi warna hingga 24-bit per pixel atau sama dengan 16,7 juta warna (biasa disebut true-colour). Karena kemampuannya dalam menyimpan warna tersebut , format JPG sangat bagus untuk gambar-gambar fotografi.
Format JPG menggunakan teknik kompresi secara intensif sehingga ukuran file-file gambar dapat menjadi sangat kecil. Pixel atau picture element yang telah disebutkan diatas adalah bagian terkecil dari suatu citra digital yang berbasis bitmap/peta bit. 

 

Tugas : Bagaimana munculnya task manager di safe mode dan windos normal? Jelaskan !

Task manager merupakan program komputer yang menyediakan daftar aplikasi dan proses yang sedang berjalan pada sebuah komputer, salah satunya adalah untuk melihat service apa yang sedang bekerja pada safe mode maka pilih run kemudian klik service.
Apabila ingin masuk pada safe mode, sebelum booting pada start up tekan F8 kemudian pilih “mode window”.

Berbeda dengan running normal yang menyediakan service lengkap, pada safe mode, service windows sangat diminimalkan sehingga hanya dapat melakukan akses ke kernelnya saja, misalnya saja theme. Selain itu service networking menjadi disable sehingga PC hidup secara standalone. Standalone disini adalah ketika dia hanya bisa akses ke kernelnya saja tanpa service lain yang mendukungnya. Hanya file sistem saja yang bisa di run secara normal ketika itu. Untuk aplikasi lain yang berperan sebagai ware bagi dia, maka tidak akan bisa dijalankan. Itulah sebabnya disebut sebagai safe mode. Safe berfungsi memperbaiki komputer, baik karena virus atau karena aplikasi yang tidak benar. Bahkan bila ada kerusakan driver yang menyebabkan tidak dapat booting dengan benar dapat diperbaiki dalam safe mode.


1. Agresta

pada : 28 May 2012

"Hai, saya ingin lebih dijelaskan tentang kalimat"Register merupakan titik awal sebuah pengeksekusian", apakah register itu sebuah software atau bagaimana ya? thanks."


2. Fatkhunisa

pada : 28 May 2012

"Sebelumnya saya akan menjelaskan register itu sendiri dulu. Menurut sepengetahuan saya, register itu seperti pengatur bagaimana hardware dan software pada komputer kita bisa jalan. Nah, informasi dari register ini akan diteruskan untuk di akses oleh operating system untuk mengetahui aplikasi apa aja yang diinstal computer, software yang dipakai atau port yang digunakan. Nah proses informasi yang berasal dari register kemudian akan diteruskan ini yang dimaksud eksekusi yang pertama, karena register disini berperan sebagai induk konfigurasinya sebuah operating sistem."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :