Fatkhunisa Rahmawati


Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System

Kuliah pemrograman computer pada tanggal 15 Mei 2012 membahas mengenai Operating System (OS). Jujur saja, saya tidak mengenal baik perangkat ini, beberapa hal yang dapat dicerna oleh otak saya lengkap dengan “cuplikan” yang saya ambil dari www.irengputih.com dan bim salabim menjadi tampilan resume sederhana seperti berikut.

Operating system (OS)  atau sistem operasi merupakan software yang termasuk dalam satu paket sebuah sistem computer. Beberapa contoh dari Operating system diantaranya adalah Windows, Android, Solaris, Linux dan Symbian.

Di dalam Operating system terdapat bahasa induk sehingga dapat diambil dan digunakan untuk beberapa aplikasi lain. Operating system mempunyai command string yaitu perintah untuk mengakses sebuah operating system. Nah, pengambilan bahasa parsial yang digunakan disini disebut dengan API atau Kernel. API atau Kernel mempunyai peran melakukan komunikasi dengan operating system tersebut. Berikut contoh alur pada Operating system Windows :

OS Windows mempunyai command string berupa Dynamic Link Library dijembatani oleh driver melalui bahasa pemrograman untuk menjalankan sebuah hardware.

Beberapa fungsi dari operating system adalah

  1. Mengatur processor agar dapat dijalankan oleh sistem computer
  2. Mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Mengatur penyimpanan file
  5. Penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.

 

 


1. Sofa

pada : 16 June 2012

"Blognya singkat dan padat :)
Boleh dijelaskan lg mengenai API teman??"


2. Fatkhunisa

pada : 16 June 2012

"Terimakasih Sofa :)
Jadi gini, API itu singkatan dari Application Programming Interface. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi, seperti manusia yang berkomunikasi dengan komputer melalui antarmuka user misalnya, suatu program bisa berkomunikasi dengan program lainnya melalui API ini.
Tapi API sebuah komputer tidak berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut."


3. maya

pada : 16 June 2012

"sepengetahuan saya OS itu tidak terbatas hanya untuk sistem komputer, perkembangannya sekarang sampai di handphone, tablet PC, dkk, cmiiw :)"


4. Fatkhunisa

pada : 23 June 2012

"Makasiiih banyak komen.nya maya, masih dibutuhkan kritik dan saran untuk blog yg sederhana ini :D"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :